KEJUARAAN DUNIA PERAHU MOTOR F-1 BAKAL DIGELAR DI BABEL, INI LOKASI YANG DIPILIH DAN JADWAL PENYELENGGARAANNYA!

Sebuah perahu motor F-1 melintas di dekat bouy. Wikiwand

PANGKALPINANG, SATAMEXPOSE.COM – Kabar gembira bagi penggemar olahraga di Bangka Belitung. Pasalnya Babel bakal menggelar Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O.

Kepastian ini setelah Presiden H2O Racing Nicolo Di San Germano dan GM Casimiro Di San Germano serta tim mengunjungi Babel, Jumat (24/1/2020). H2O Racing merupakan promoter penyelenggaraan Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O.

Dilansir laman resmi Pemprov Babel, kunjungan ini dilakukan guna meninjau lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1. Beberapa lokasi ditinjau untuk memilih tempat penyelenggaraan kejuaraan jet air tersebut.

“Nicolo beserta tim mengunjungi lokasi penyelenggaraan Event Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O yang akan diselenggarakan tahun ini. Adapun lokasi yang disurvei adalah Pantai Terentang, Jembatan Emas, Jembatan Batu Rusa 2, Pelabuhan Pangkalbalam dan Dok Kapal PT DAK," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai.

Dari hasil pemetaan survei lokasi tersebut, Nicolo beserta Tim F1 H2O menyatakan bahwa dari berbagai pertimbangan serta aspek, penyelenggaraan Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O mungkin akan dilaksanakan di seputaran Sungai Baturusa. 
Gubernur Erzaldi Rosman mengapresiasi rencana penyelenggaraan Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O tersebut. Ia juga berjanji akan mendukung penuh penyelenggaraan kejuaraan dunia tersebut.
“Kita (Pemprov Babel, red) mendukung penuh penyelenggaraan event ini," ungkap Erzaldi saat menerima tim dari F1H2O.
Pemprov Babel akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, serta pihak-pihak terkait lainnya.
Hal tersebut terkait anggaran kejuaraan level internasional yang tentunya membutuhkan dana cukup besar. Ia juga berharap penyelenggaraan Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O tersebut dapat diselenggarakan pada tahun 2020 ini.
Penyelenggaraan Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O yakni pada bulan Juli atau Agustus, mengingat pada bulan tersebut ombak laut tidak terlalu besar sehingga aman bagi keselamatan peserta.
Adapun taksiran jumlah peserta sekitar 300 orang yang berasal dari seluruh dunia. Gubernur yakin Kejuaraan Dunia UIM Powerboat F1H2O akan membawa keuntungan bagi sektor pariwisata Bangka Belitung, khususnya dalam rangka meningkatkan promosi pariwisata Bangka Belitung di dunia internasional.
“Event ini nantinya pasti dapat menarik kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Bangka Belitung. Dan itu pasti berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Erzaldi. (als)